Senin, 04 Januari 2010

Paradigm baru manajemen pendidikan nasional

Sumber: Departemen teknologi informasi Koran jakarta

JAKARTA , Kritikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono soal metodologi pendidikan yang masih lemah harus menjadi cambuk untuk segera berbenah.

Salah satu yang mendesak dibenahi adalah manajemen pendidikan yang masih dinilai acak-acakan, kurikulum pendidikan yang tidak berkonsep, serta disusun dengan tidak profesional.

Hal itu diungkapkan sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Asvi Warman Adam, di Jakarta, Jumat (30/10). Menurutnya, manajemen dunia pendidikan nasional juga tidak jelas dan kerap menuai kontroversi.

“Bagaimana bisa dikatakan mengurus dunia pendidikan dengan benar jika ada Jaksa Agung atas usul Menteri Pendidikan Nasional melarang buku-buku pelajaran sejarah.

Padahal manajemen pendidikan yang benar punya andil untuk menyuburkan nasionalisme di tengah masyarakat Indonesia,” papar Asvi.

Dia juga mengkritik kerap berubahnya kurikulum tanpa dasar dan konsep yang jelas.

Contohnya pergantian kurikulum 2004 yang berbasis kompetensi yang diganti dengan kurikulum 2006 “Dari aspek sejarah, sulit dikatakan kurikulum baru itu dibuat secara profesional,”ujar Asvi.

Sedangkan Guru Besar Ilmu Sejarah Universitas Andalas, Gusti Asnan, mengatakan salah satu kelemahan metodologi pendidikan itu ditunjukkan oleh kurikulum pendidikan itu sendiri.

Kurikulum pendidikan yang ada dinilai tidak mengakar pada sejarah bangsa. Hasilnya hanya adopsi dari kurikulum luar, tapi tanpa dibarengi dengan pemahaman akan fakta yang ada.

Akibat kurang menyerap fakta sejarah, kata dia, dunia pendidikan tidak membumi, sehingga kurikulum tidak mengakar.

Alih-alih kurikulum pendidikan itu dijadikan instrumen tumbuhnya kebanggaan dan rasa kebangsaan generasi muda, justru yang terjadi sebaliknya.

“Salah satunya karena dunia pendidikan tak menganggap penting pelajaran sejarah,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Artikel. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator