Senin, 04 Januari 2010

pengembangan kompetensi SDM kependidikan

Sumber: pusat pengembangan penataran guru IPA

Berbagai upaya telah banyak dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di tanah air kita Indonesia tercinta ini di tiap-tiap jenjang, baik jenjang SD, SMP,SMA dan jenjang SMK. Hal ini dilaksanakan karena antara lain untuk memenuhi tuntutan zaman saat sekarang. Zaman sekarang adalah era globalisasi dan Teknologi Komunikasiyang tidak mungkin dapat kita bendungi, Namun kita harus dapat mensiasati atau beradaftasi dengan perkembangan dan kemajuan zaman tersebut, dengan melalui melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan atau melalui pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi guru IPA SMP dan guru Fisika SMA seperti yang dilakukan oleh BPG Provinsi Riau bekerjasama dengan PPPPTK IPA Bandung dari tanggal 18 – 30 Mei 2009.
Kegiatan diklat guru IPA SMP menerima materi Fisika : Mekanika, Kinematika, optic geometri, Optik Fisis, Panas dan termodinamika. Sedangkan bagi guru SMA Fisika menerima materi Termodinamika dan aplikasinya, Optika Geometrid an aplikasinya, Mekanika dan pembelajaran penggunaan ICT dalam menunjang pembelajaran IPA di sekolah. Materi-materi tersebut akan disajikan baik secara teori disertai dengan pembahasannya, serta kegiatan praktikum untuk mrmbuktikan teori-teori yang telah disajikan agar memperoleh kesetimbangan antar kegiatan teori dan kegiatan praktikum sehingga tidak ada lagi istilah bahwa IPA sastra artinya pembelajaran IPA hanya diberikan teori-teori melainkan harus dibarengi dengan kegiatan praktikum.
Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan guru IPA SMP dan guru Fisika SMA dari Provinsi Riau yang bekerjasama antara BPG Riau dengan PPPPTK IPA yang diharapkan menghasilkan guru-guru yang memiliki wawasan, Pengetahuan dan keterampilan dalam :
• Memahami konsep – konsep IPA baik secara teori maupun Praktikum
• Memahami Pengetahuan Fisika, Kimia dan Biologi (IPA) lebih meningkat dalam pembelajaran sehingga menyampaikan materi tersebut mudah dipahami atau dimengerti oleh siswa.
• Memahami strategi bagaimana melakukan evaluasi pembelajaran yang sudah dilakukan.
Tiada harapan lain, sehingga Diklat Peningkatan kompetensi guru IPA SMP dan guru Fisika SMA dari Provinsi Riau yang bekerjasama antara BPG Riau dengan PPPPTK IPA dapat meningkatkanmutu Pendidikan di Provinsi Riau secara khusus secara umum meningkatnya mutu pendidikan seluruh Indonesia dengan melalui kerja keras dari semua unsure, bekerja secara ikhlas dari semua unsur untuk memperoleh sesuatu dan melakukan pekerjaan tersebut secara cerdas serta seluruh pekerjaan dapat dilaksanakan dengan cara tuntas sesuai dengan batas Waktu yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Artikel. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator